Potensi Indonesia

Jika kita mendengar kata pontesi, kita berfikir pasti suatu kelebihan pada orang atau teman atau siapa kita. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, yang dimaksud potensi adalah kemampuan-kemampuan dan kualitas-kualitas yang dimiliki oleh seseorang, namun belum digunakan secara maksimal. Tetapi apakah manusia saja yang memiliki potensi? Selain kita sebagai bangsa Indonesia, yang memiliki potensi adalah negara kita sendiri, Negara INDONESIA 

Negara INDONESIA juga mempunyai potensi, banyak hal yang ada di negara kita ini, tetapi apakah kita mengetahuinya? Banyakkah di antara kita yang mengetahui potensi negara kita ini? Kita bangsanya sendiri saja belom tentu tahu banyak. Apa saja sih potensi-potensi Negara INDONESIA ini?

Potensi alam merupakan seluruh kenampakan alam beserta sumber daya alam yang terdapat di suatu daerah. Indonesia memiliki keanekaragaman sumberdaya alam hayati yang berlimpah ruah sehingga dikenal sebagai negara MEGABIODIVERSITY. Keanekaragaman hayatinya terbanyak kedua diseluruh dunia. Wilayah hutan tropisnya terluas ketiga di dunia dengan cadangan minyak, gas alam, emas, tembaga dan mineral lainnya. Terumbu karang dan kehidupan laut memperkaya ke-17.000 pulaunya. Indoensia memiliki tanah dan dan area lautan yang luas, dan kaya dengan berjenis-jenis ekologi. Menempati hampir 1.3 persen dari wilayah bumi, mempunyai kira-kira 10 persen jenis tanaman dan bunga yang ada di dunia, 12 persen jenis binatang menyusui, 17 persen jenis burung, 25 persen jenis ikan, dan 10 persen sisa area hutang tropis, yang kedua setelah Brazil (world Bank 1994). Di Indonesia, sebagian besar adalah hutan hujan tropis yang mengandung kekayaan hayati flora beraneka ragam, dan juga pemilik ekosistem terkaya di dunia. Hutan hujan Tropis di Indonesia adalah hutan hujan terbesar se-pasifik
Indonesia adalah negara yang memiliki pesisir terpanjang di dunia, dan juga Indonesia memiliki hutan bakau yang paling luas, dan memiliki terumbu karang yang paling spektakuler di kawasan Asia.
Daratan wilayah Indonesia sangatlah subur. Di dalam banyak mengandung minyak bumi, gas alam, emas, dan sebagainya. Di Indonesia ada daratan rendah dan daratan tinggi. 2 jenis daratan ini berbagai jenis gunanya juga. Jadi juga termasuk potensi Indonesia.
Lautan di Indonesia.  Luas lautan di Indonesia adalaha dua pertiga luas wilayah Indonesia. Ini mendukung potensi Indonesia juga. Kenapa? Begitu besar laut Indonesia membuat banyak sekali terumbu karang yang indah, iakn-ikan hias di Indonesia juga sangat lah banyak. Selain itu juga ada banyak bahan tambang juga yang membantu bertambahnya potensi Indonesia. Seperti Mutiara, dan juga ada rumput laut untuk di konsumsi. Perairan darat di Indonesia juga termasuk banyak dan beragam. Contohnya adalah Sungai Kapuas (Kalimantan), Sungai Bengawan Solo (Jawa Tengah), Waduk Jatiluhur, Sungai Musi (Sumatera), Danau Toba (Sumatera), Danau Poso, dan Waduk Gajah Mungkur.
Tidak hanya potensi alam saja. Indonesia juga memiliki potensi kesenian. Contohnya seperti seni tari tradisional seperti tari piring dari Sumatra barat, tari kecak dari bali. Selanjutnya seni petunjuk atau seni pentas seperti drama. Ada juga seni music tradisional dengan berbagai lagu seperti apuse asal papua, ampar-ampar pisang asal Kalimantan selatan. Dan terakhir adalah seni rupa, contohnya seperti seni pahat, seni patung dan seni ukir.
Untuk potensi Penduduknya. Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang sangat padat, dan juga menempati daerah-daerah di Indonesia. hal ini membantu untuk kepentingan ekonomi Indonesia.
Sekian artikel tentang Potensi Indonesia. semoga berman

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »