Perbedaan metode kualitatif dan metode kuantitatif dalam penelitian

Hai sahabat blogger!
Jumpa lagi dengan saya HEHE. Kali ini saya akan membahas tentang hal-hal yang sangat penting dan sangat diperhatikan dalam penelitian. Mungkin sahabat blogger bertanya - tanya apa yang penting dan diperhatikan dalam penelitian? Biar saya jawab, hal yang sangat penting dan diperhatikan dalam penelitian adalah metode pengambilan data yang berhubungan dengan penelitian yang dikenal dengan metode kulitatif dan kuantitatif.

Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui perbedaan kedua metode tersebut dan berpikir bahwa kedua metode tersebut sama saja dan sangat tidak penting.
Memang benar kedua hal tersebut sama saja, apabila dilihat dari tujuannya yaitu untuk dapat mengumpulkan data dalan penelitian.Tetapi, dalam memperoleh data caranya berbeda.

Nah, saya akan menjelaskan perbedaan antara kedua metode tersebut. Metode kualitatif tidak jauh dengan kalimat. Cara pengambilannya biasanya dengan observasi langsung, dokumen, ataupun wawancara. Kalau metode kuantitatif itu berhubungan dengan angka. Misalnya seperti koding, pemetaan, perhitungan atau diagaram. Biasanya peneliti yang menggunakan metode kuantitatif dalam pengumpulan datanya dengan menyebarkan angket. Mengapa? karna setelah menyebarkannya kepada sampel, lalu dikembalikan dan dikumpulkan jawannya barulah peneliti menghitung hasilnya.

Mungkin itu saja yang akan saya sampaikan saat ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Terima Kasih!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »