Pokok-pokok Pembicaraan

Haiiii sahabat blogger! jumpa lagi dengan saya HEHE.
Kali ini saya akan membahas tentang pokok-pokok pembicaraan yang, mungkin ada yang belum pernah mendengar topik tersebut atau hanya sekedar mendengar.
Pasti para pembaca penasaran kan ? apa itu pokok-pokok pembicaraan?
Sebelum membahas pokok pembicaraan, saya akan membahas tentang keterampilan berbahasa. Bagi para pembaca pasti itu adalah hal yang tidak penting. Tapi apakah kalian tahu? selama bersekolah dari SD hingga perguruan tinggi, kalian pasti melakukan keterampilan berbahasa tersebut tanpa kalian sadari. keterampilan berbahasa dibagi menjadi 4, yaitu :
1. Berbicara
2. Menyimak
3. Membaca
4. Menulis
Nahh, saya akan membahas bagian yang penting dalam keterampilan berbahasa yaitu menyimak. Pasti para pembaca mengira menyimak dengan mendengar atau mendengarkan adalah hal yang sama bukan? tentunya bukan, 3 kata itu adalah hal yg berbeda.
1. Menyimak
Menyimak mempunayi arti yaitu mendengar, dan merespon apa yang telah didengar.
Contohya seperti Guru sedang menjelaskan pelajaran Bahasa Indonesia, murid menyimak dengan cara mendengar dan bertanya.
2.Mendengar mempunayi arti yaitu mendengar apa yang dikatakan orang lain seperti masuk telinga kiri keluar telinga kanan.
Contohnya seperti : Ani : 'Sil, saya ketoilet bentar ya!'
                              Sisil : 'oke'
3. Mendengarkan mempunyai arti yaitu mendengar apa yang dikatakan orang lain dan melakukannya.
Contohnya seperti : Mama : 'La, nanti tolong bersihkan kamar mandi ya!'
                              Lala : 'siap ma!'

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita hanya mendengar tanpa meresponnya yaitu :
1. Gangguan dari dalam
Gangguan dari dalam maksudnya, pengaruh dari dalam yang membuat kita hanya mendengar tanpa merespon seperti kita memikirkan hal lain selain apa yang kita dengar dari orang lain, dan biasanya memikirkan tentang pribadi seperti makan apa untuk hari ini, ingin membeli apa, pasangan atau hal lainnya.
2. Gangguan dari luar
Gangguan dari luar maksudnya adalah pengaruh dari luar misalnya seperti pada saat kita mendengar guru menjelaskan, teman sebalah kita mengajak kita berbicara atau mengganggu kita.

Saatnya kita membahas tentang pokok pembicaraan. Pokok pembicaraan adalah inti dari sebuah teks. Teks tersebut dinamakan teks ceramah. Lalu, bagaimana caranya untuk menentukan pokok pembicaraannya?
Saya akan memberikan contoh seperti :
Ellen adalah seorang murid di sekolah SMA Kristen Kanaan. Ellen berambut hitam dan panjang, memakai kacamata. Pokok pembicaraannya adalah Ellen adalah seorang murid SMA Kristen Kanaan.

4 keterampilan bahasa sendiri dibagi menjadi 2, yaitu Bahasa dan Sastra. Sastra dibagi menjadi 2, yaitu drama dan cerpen. Dan dibangun melalui 2 unsur, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Nah, dikatakan intrinsik apabila mempunyai tema, latar, alur, tokoh, penokohan, dan amanat. Ekstrinsik merupakan latar belakang pengarang.

Itu dia tentang pokok-pokok pembicaraan. Semoga bermanfaat bagi para sahabat blogger! :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »